RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MI SUNAN AMPEL
Kelas/ Semester : II/1
Tema/Topik : Aku
dan Sekolahku
Sub tema :
1. Tugas-Tugas Sekolahku
Pembelajaran ke : 5
Alokasi Waktu :
140 menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
B.B.
·
PPKN
1.1
Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “ Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap
beberapa simbol sila pancasila.
·
Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks
cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan
teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
·
PJOK
1.1
Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.5
Mengetahui konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu
dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal
terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5
Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun, melayang di udara, berputar,
dan mendarat) dalam aktivitas senam.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
PPKN
1.1.1
Menghargai
teman dilingkungan rumah dan sekolah
2.2.1 Membiasakan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan
disekolah.
3.1.4 Menunjukkan contoh
perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila keempat Pancasila dalam lambang
4.1.4 Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila keempat
Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
·
Bahasa Indonesia
1.1.1 Menempatkan
bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah
keberagaman bahasa daerah
2.1.1 Menunjukkan kepedulian dan rasa ingin tahu tentang alam,
hewan, dan tumbuhan
3.2.3 Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik di lingkungan
sekolah
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan
intonasi yang jelas.
·
PJOK
1.1.1 Menunjukkan rasa syukur kepada Allah karena mempunyai tubuh yang
sehat dan sempurna
2.2.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam menggunakan sarana dan prasarana
pembelajaran
3.5.3 Mengidentifikasi
pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki dalam aktivitas senam.
4.5.3 Berdiri
dengan satu kaki dalam berbagai aktivitas.
D.
Materi Pembelajaran
PPKN :
perilaku sesuai simbol sila keempat pancasila
Bahasa Indonesia : urutan topik kegiatan
berkebun
PJOK :
Pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki
E.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam “Asaalamualaikum warohmatullah hiwabarokatu”
·
Guru
menyapa peserta didik dan menanyakan kabar peserta didik. “ selamat pagi
anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?”
·
Salah
satu peserta didik diminta untuk memimpin doa ” sebelum kita memulai
pelajaran pada pagi ini, ayo ketua kelas memimpin doa terlebih dahulu!”
·
Guru
melakukan apersepsi dengan cara memutarkan vidio kepada peserta didik tentang
siswa yang sedang berkebun
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pagi hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mengamati gambar siswa yang menyiram
tanaman di taman sekolah
·
Peserta didik belajar di luar kelas dan
mengamati gambar anak yang sedang bermain sonda
Menanya
·
Peserta
didik ditanya oleh guru mengenai isi dari gambar yang telah ditunjukkan
·
Peserta
didik ditanya oleh guru mengenai isi dari gambar yang telah ditunjukkan
Mencoba
·
Peserta didik memcoba menjelaskan
isi dari gambar yang ditunjukkan oleh guru
·
Peserta didik mencoba menuliskan
langkah-langkah menyiram bunga
·
Peserta didik mencoba menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan sila keempat pancasila
·
Peserta didik mencoba menyebutkan
contoh perilaku disekolah yang sesuai dengan sila keempat dari pancasila
secara berkelompok
·
Peserta didik mencoba
mengidentifikasi langkah-langkah pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki
dalam kegiatan senam
·
Peserta didik mencoba menirukan
gerakan seperti dalam gambar yaitu berdiri dengan satu kaki
Menalar
·
Peserta didik menuliskan cerita tentang
kegiatan berkebun
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
ceritanya tentang
|
115 menit
|
Penutup
|
·
Peserta
didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan
pada hari itu
·
Peserta
didik mendengarkan penyampaikan guru mengenai pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya
·
Peserta
didik diberi tugas guru untuk mengerjakan soal materi yang telah diajarkan
·
Peserta
didik melakukan ice breaking sebelum mengakhiri pembelajaran.
Ice breaking
jika guru berkata bunga maka
peserta didik melentangkan kedua tangan. Jika guru berkata pohon maka peserta
didik mengangkat satu kakinya, dan jika guru berkata daun maka peserta didik
berdiri tegak
·
Peserta
didik mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdallah
·
Guru
menutup pembelajaran dengan salam
|
15
Menit
|
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Ø Tabel Penilaian
No
|
Indikator
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
1.
|
1.1.2
Menghargai
teman dilingkungan rumah dan sekolah
|
Non tes
|
Penilaian teman sejawat
|
Check List
|
2.
|
1.1.1
Menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar
ditengah keberagaman bahasa daerah
|
Non tes
|
Penilaian diri
|
Check List
|
3.
|
1.1.2
Menunjukkan
rasa syukur kepada Allah karena mempunyai tubuh yang sehat dan sempurna
|
Non tes
|
Observasi
|
Check List
|
4.
|
2.2.1 Membiasakan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan
disekolah.
|
Non tes
|
Observasi
|
Rating Scale
|
5.
|
2.1.1
Menunjukkan kepedulian dan rasa ingin tahu tentang alam, hewan, dan tumbuhan
|
Non tes
|
Penilaian diri
|
Check List
|
6.
|
2.2.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam menggunakan sarana dan prasarana
pembelajaran
|
Non tes
|
Observasi
|
Check List
|
7.
|
3.1.4 Menunjukkan contoh
perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila keempat Pancasila dalam lambang
|
Tes
|
Penugasan
|
Lembar Kerja Siswa (LKS)
|
8.
|
3.2.3 Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik di lingkungan
sekolah
|
Tes
|
Penugasan
|
Lembar Kerja Siswa (LKS)
|
9.
|
3.5.3 Mengidentifikasi pola gerak
dasar berdiri dengan satu kaki dalam aktivitas senam.
|
Tes
|
Penugasan
|
Lembar Kerja Siswa (LKS)
|
10.
|
4.1.4
Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila keempat Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila.
|
Non tes
|
Produk
|
Chek list
|
11.
|
4.2.3
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal
dan intonasi yang jelas.
|
Non tes
|
Performance
|
Rating scale
|
12.
|
4.5.3 Berdiri dengan satu kaki dalam berbagai aktivitas.
|
Non tes
|
Proyek
|
Unjuk Kerja
|
Ø Daftar Penilaian
PPKN
·
Penilaian
Sikap
1.
Lembar
pengamatan penilaian menghargai teman dilingkungan rumah dan sekolah
No.
|
Nama
siswa
|
Dapat
menghargai perbedaan antar teman di lingkungan rumah
|
Dapat
menghargai perbedaan antar teman di sekolah
|
||
Iya
|
Tidak
|
Iya
|
Tidak
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
2.
Lembar
pengamatan penilaian membiasakan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan
disekolah
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek penilaian
|
Jumlah
|
|||||||
Menaati peraturan sekolah
|
Mentaati tata tertib sekolah
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian
No.
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Menaati peraturan sekolah
|
Siswa mampu menaati peraturan
dengan sangat baik
|
Siswa mampu menaati peraturan
dengan baik
|
Siswa cukup mampu menaati
peraturan dengan baik
|
Siswa kurang mampu menaati
peraturan dengan baik
|
2.
|
Mentaati tata tertib sekolah
|
Siswa mampu berperilaku sangat
tertip saat belajar disekolah
|
Siswa mampu berperilaku tertip
saat belajar disekolah
|
Siswa kurang mampu berperilaku
tertip saat belajar disekolah
|
Siswa kurang mampu berperilaku
tertip saat belajar disekolah
|
·
Penilaian
Kognitif
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
|
3.1.4 Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang
sesuai dengan makna simbol dari sila keempat
Pancasila dalam lambang
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
·
Penilaian
Keterampilan
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
4.1.4
Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila keempat Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila.
|
Non tes
|
Produk
|
Chek list
|
Bahasa
Indonesia
·
Penilaian
Sikap
1. Lembar penilaian menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar ditengah keberagaman bahasa daerah.
Nama :
|
|||
No
|
Aspek
|
Nilai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Selalu menggunakan bahasa indonesia ketika berinteraksi dikelas
|
|
|
2. Lembar penilaian peduli dan mempunyai rasa ingin tahu tentang
alam, hewan, dan tumbuhan
Nama :
|
|||
No
|
Aspek
|
Nilai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Selalu menyirami tanaman ketika dirumah
|
|
|
2.
|
Selalu membuang sampah pada tempatnya
|
|
|
3.
|
Selalu memberi makan hewan peliharaan ketika dirumah
|
|
|
·
Penilaian
Kognitif
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
3.2.3
Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik di lingkungan sekolah.
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
·
Penilaian
Keterampilan
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas.
|
Non tes
|
Performance
|
Rating scale
|
Kriteria membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal
dan intonasi yang jelas.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
penilaian
|
jumlah
|
|||||||||||
Volume suara
|
Intonasi
|
Kelancaran
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
No
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Volume suara
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan dengan volume yang sangat keras dan jelas.
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
|
Dalam membacakan cerita siswa
cukup mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
|
Dalam membacakan cerita siswa
kurang mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
|
2.
|
Intonasi
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan cerita dengan intonasi yang sangat baik dan sangat lantang.
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
|
Dalam membacakan cerita siswa
cukup mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
|
Dalam membacakan cerita siswa
kurang mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
|
3.
|
Kelancaran
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan dengan suara yang sangat lancar.
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan dengan suara yang lancar.
|
Dalam membacakan cerita siswa
cukup mampu membacakan dengan suara yang lancar.
|
Dalam membacakan cerita siswa
kurang mampu membacakan dengan suara lancar.
|
PJOK
·
Penilaian
Sikap
1.
Lembar
penilaian menunjukkan rasa syukur kepada Allah karena mempunyai tubuh yang
sehat dan sempurna
No.
|
Nama
siswa
|
Selalu
bersyukur kepda allah karena mempunyai tubuh yang sehat dan sempurna
|
|
Iya
|
Tidak
|
||
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
2.
Penilaian
menunjukkan sikap tanggung jawab dalam menggunkan sarana dan prasarana
pembelajaran
No.
|
Nama
siswa
|
Selalu
mengembalikan buku diperpustakaan setelah membaca
|
Selalu
menyimpan peralatan kelas ditempatnya
(Penghapus,
sapu, spidol)
|
||
Iya
|
Tidak
|
Iya
|
Tidak
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
·
Penilaian
Kognitif
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
3.5.3 Mengidentifikasi pola gerak
dasar berdiri dengan satu kaki dalam aktivitas senam.
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
·
Penilaian
Keterampilan
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
4.5.3 Berdiri dengan satu kaki
dalam berbagai aktivitas.
|
Non tes
|
Proyek
|
Rating scale
|
Kriteria Penilaian bergerak
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
penilaian
|
jumlah
|
|||||||||||
Ketepatan Gerakan
|
Lama Gerakan
|
Percaya
Diri
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
No
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Ketepatan Gerakan
|
Gerakan yang dilakukan sangat tepat dan bersemangat
|
Gerakan yang dilakukan tepat dan semangat
|
Gerakan yang dilakukan cukup tepat dan stidak begitu bersemangat
|
Gerakan yang dilakukan kurang tepat dan tidak bersemangat
|
2.
|
Lama Gerakan
|
Dalam melakukan gerakan bergantung
sesuai waktu yang diharapkan
|
Dalam melakukan gerakan bergantung
hampir sesuai dengan waktu yang diharapkan
|
Dalam melakukan gerakan bergantung
setengah dari waktu yang diharapkan
|
Dalam melakukan gerakan bergantung
hanya sebentar yang dilakukan
|
3.
|
Percaya Diri
|
Sangat percaya diri dalam
melakukan gerakan bergantung.
|
Percaya diri dalam melakukan
gerakan bergantung.
|
Kurang percaya diri dalam
melakukan gerkan bergantung
|
Tidak percaya diri dalam melakukan
gerakan bergantung tetapi mau melakukannya
|
G.
Media/alat dan Sumber Belajar
·
Media: gambar bermain sonda, gambar siswa menyiram bunga
·
Sumber belajar: Buku
pegangan siswa kelas II
Mengetahui
Kepala
Sekolah
![]()
NIP.
|
Guru Kelas
![]()
NIP.
|

( Peilaku yang sesuai dengan makna sila keempat pancasila)

B. Pilihlah peryataan dibawah ini
yang sesuai dengan sila keempat pancasila
No
|
Sikap
dan Perilaku di Sekolah
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Tidak
memaksakan kehendak pada orang lain
|
|
|
2
|
Mengedepankan
musyawarah untuk mufakat
|
|
|
3
|
Kasih
sayang sesama teman
|
|
|
4
|
Belajar
bersama teman
|
|
|
5
|
Menghormati
pendapat teman
|
|
|

Lembar Kerja Siswa
(Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik di lingkungan sekolah)
A.
Tuliskan Langkah-langkah kegiatan yang pernah kamu lakukan
disekolah
Kegiatanku :
|
Langkah-langkah:
1.
............................................................................................................................................................................................................................................................
|
2.
............................................................................................................................................................................................................................................................
|
3.
............................................................................................................................................................................................................................................................
|
4.
...........................................................................................................................................................................................................................................................
|
5.
............................................................................................................................................................................................................................................................
|
B.
Tuliskanlah
sebuah cerita tentang kegiatan berkebun yang pernah kalian lakukan!
![]() |
Lembar Kerja Siswa
(Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik di lingkungan sekolah)
A.
Tuliskan langkah-langkah pola gerak dasar berdiri engan satu kaki
dalam aktivitas senam
![]() |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar