Senin, 04 Januari 2016

RPP Tematik kelas II Tema 4 sub tema 1 pembelajaran 5



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                   : MI SUNAN AMPEL
Kelas/ Semester                     : II/1
Tema/Topik                           : Aku dan Sekolahku
Sub tema                                : 1. Tugas-Tugas Sekolahku
Pembelajaran ke                   : 5
Alokasi Waktu                       : 140 menit
A.  Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
B.B. 
·         PPKN
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “ Garuda Pancasila”.
4.1   Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila pancasila.
·         Bahasa Indonesia
1.1   Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
·         PJOK
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah tuhan.
2.2   Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.5 Mengetahui konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta  pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun,  melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
C.      Indikator  Pencapaian Kompetensi
·         PPKN
1.1.1        Menghargai teman dilingkungan rumah dan sekolah
2.2.1 Membiasakan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan disekolah.
3.1.4  Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila keempat  Pancasila dalam lambang
4.1.4 Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
·         Bahasa Indonesia
1.1.1 Menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah keberagaman bahasa daerah
2.1.1 Menunjukkan kepedulian dan rasa ingin tahu tentang alam, hewan, dan tumbuhan
3.2.3 Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik di lingkungan sekolah
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
·         PJOK
1.1.1   Menunjukkan rasa syukur kepada Allah karena mempunyai tubuh yang sehat dan sempurna
2.2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran
3.5.3 Mengidentifikasi pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki dalam aktivitas senam.
4.5.3 Berdiri dengan satu kaki dalam berbagai aktivitas.
D.      Materi Pembelajaran
PPKN                   : perilaku sesuai simbol sila keempat pancasila
Bahasa Indonesia : urutan topik kegiatan berkebun
PJOK                   : Pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki
E.       Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam “Asaalamualaikum warohmatullah hiwabarokatu”
·         Guru menyapa peserta didik dan menanyakan kabar peserta didik. “ selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?”
·         Salah satu peserta didik diminta untuk memimpin doa ” sebelum kita memulai pelajaran pada pagi ini, ayo ketua kelas memimpin doa terlebih dahulu!”
·         Guru melakukan apersepsi dengan cara memutarkan vidio kepada peserta didik tentang siswa yang sedang berkebun
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pagi hari ini
10 menit
Inti

Mengamati
·         Peserta didik mengamati gambar siswa yang menyiram tanaman di taman sekolah
·          Peserta didik belajar di luar kelas dan mengamati gambar anak yang sedang bermain sonda
Menanya
·         Peserta didik ditanya oleh guru mengenai isi dari gambar yang telah ditunjukkan
·         Peserta didik ditanya oleh guru mengenai isi dari gambar yang telah ditunjukkan

Mencoba
·         Peserta didik memcoba menjelaskan isi dari gambar yang ditunjukkan oleh guru
·         Peserta didik mencoba menuliskan langkah-langkah menyiram bunga
·         Peserta didik mencoba menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan sila keempat pancasila
·         Peserta didik mencoba menyebutkan contoh perilaku disekolah yang sesuai dengan sila keempat dari pancasila secara berkelompok
·         Peserta didik mencoba mengidentifikasi langkah-langkah pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki dalam kegiatan senam
·         Peserta didik mencoba menirukan gerakan seperti dalam gambar yaitu berdiri dengan satu kaki

Menalar
·         Peserta didik menuliskan cerita tentang kegiatan berkebun

Mengomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil ceritanya tentang  

115 menit
Penutup
·         Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan pada hari itu
·         Peserta didik mendengarkan penyampaikan guru mengenai pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
·         Peserta didik diberi tugas guru untuk mengerjakan soal materi yang telah diajarkan
·         Peserta didik melakukan ice breaking sebelum mengakhiri pembelajaran.
Ice breaking
jika guru berkata bunga maka peserta didik melentangkan kedua tangan. Jika guru berkata pohon maka peserta didik mengangkat satu kakinya, dan jika guru berkata daun maka peserta didik berdiri tegak
·         Peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdallah
·         Guru menutup pembelajaran dengan salam
15    Menit

F.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

Ø  Tabel Penilaian
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
1.1.2   Menghargai teman dilingkungan rumah dan sekolah
Non tes
Penilaian teman sejawat
Check List
2.
1.1.1 Menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah keberagaman bahasa daerah
Non tes
Penilaian diri
Check List
3.
1.1.2            Menunjukkan rasa syukur kepada Allah karena mempunyai tubuh yang sehat dan sempurna
Non tes
Observasi
Check List
4.
2.2.1 Membiasakan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan disekolah.
Non tes
Observasi
Rating Scale
5.
2.1.1 Menunjukkan kepedulian dan rasa ingin tahu tentang alam, hewan, dan tumbuhan
Non tes
Penilaian diri
Check List
6.
2.2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam menggunakan sarana dan prasarana pembelajaran
Non tes
Observasi
Check List
7.
3.1.4  Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila keempat  Pancasila dalam lambang
Tes
Penugasan
Lembar Kerja Siswa (LKS)
8.
3.2.3 Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik di lingkungan sekolah
Tes
Penugasan
Lembar Kerja Siswa (LKS)
9.
3.5.3 Mengidentifikasi pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki dalam aktivitas senam.
Tes
Penugasan
Lembar Kerja Siswa (LKS)
10.
4.1.4 Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Non tes
Produk
Chek list
11.
4.2.3
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Non tes
Performance
Rating scale
12.
4.5.3 Berdiri dengan satu kaki dalam berbagai aktivitas.
Non tes
Proyek
Unjuk Kerja


Ø  Daftar Penilaian

PPKN
·         Penilaian Sikap
1.      Lembar pengamatan penilaian menghargai teman dilingkungan rumah dan sekolah
No.
Nama siswa
Dapat menghargai perbedaan antar teman di lingkungan rumah
Dapat menghargai perbedaan antar teman di sekolah
Iya
Tidak
Iya
Tidak
1.       





2.       





3.       





4.       





5.       














2.      Lembar pengamatan penilaian membiasakan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan disekolah
No.
Nama Siswa
Aspek penilaian
Jumlah
Menaati peraturan sekolah
Mentaati tata tertib sekolah
1
2
3
4
1
2
3
4













































                        Kriteria Penilaian
No.
Kriteria
4
3
2
1
1.
Menaati peraturan sekolah
Siswa mampu menaati peraturan dengan sangat baik
Siswa mampu menaati peraturan dengan baik
Siswa cukup mampu menaati peraturan dengan baik
Siswa kurang mampu menaati peraturan dengan baik
2.
Mentaati tata tertib sekolah
Siswa mampu berperilaku sangat tertip saat belajar disekolah 
Siswa mampu berperilaku tertip saat belajar disekolah
Siswa kurang mampu berperilaku tertip saat belajar disekolah
Siswa kurang mampu berperilaku tertip saat belajar disekolah

·         Penilaian Kognitif
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian

3.1.4  Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila keempat  Pancasila dalam lambang
Tes
Penugasan
LKS ( Terlampir)





·         Penilaian Keterampilan
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
4.1.4 Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Non tes
Produk
Chek list

Bahasa Indonesia
·         Penilaian Sikap
1.      Lembar penilaian menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah keberagaman bahasa daerah.
Nama :
No
Aspek
Nilai
Ya
Tidak
1.
Selalu menggunakan bahasa indonesia ketika berinteraksi dikelas



2. Lembar penilaian peduli dan mempunyai rasa ingin tahu tentang alam, hewan, dan tumbuhan
Nama :
No
Aspek
Nilai
Ya
Tidak
1.
Selalu menyirami tanaman ketika dirumah


2.
Selalu membuang sampah pada tempatnya


3.
Selalu memberi makan hewan peliharaan ketika dirumah



·         Penilaian Kognitif
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
3.2.3 Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik di lingkungan sekolah.
Tes
Penugasan
LKS ( Terlampir)

·         Penilaian Keterampilan
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Non tes
Performance
Rating scale

Kriteria membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
No.
Nama Siswa
Aspek penilaian
jumlah
Volume suara
Intonasi
Kelancaran
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4














































Keterangan :
No
Kriteria
4
3
2
1
1.
Volume suara
Dalam membacakan cerita siswa mampu membacakan dengan volume yang sangat keras dan jelas.
Dalam membacakan cerita siswa mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
Dalam membacakan cerita siswa cukup mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
Dalam membacakan cerita siswa kurang mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
2.
Intonasi
Dalam membacakan cerita siswa mampu membacakan cerita dengan intonasi yang sangat baik dan sangat lantang.
Dalam membacakan cerita siswa mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
Dalam membacakan cerita siswa cukup mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
Dalam membacakan cerita siswa kurang mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
3.
Kelancaran
Dalam membacakan cerita siswa mampu membacakan dengan suara yang sangat lancar.
Dalam membacakan cerita siswa mampu membacakan dengan suara yang lancar.
Dalam membacakan cerita siswa cukup mampu membacakan dengan suara yang lancar.
Dalam membacakan cerita siswa kurang mampu membacakan dengan suara lancar.


PJOK
·         Penilaian Sikap
1.      Lembar penilaian menunjukkan rasa syukur kepada Allah karena mempunyai tubuh yang sehat dan sempurna
No.
Nama siswa
Selalu bersyukur kepda allah karena mempunyai tubuh yang sehat dan sempurna
Iya
Tidak
1.



2.



3.



4.



5.




2.      Penilaian menunjukkan sikap tanggung jawab dalam menggunkan sarana dan prasarana pembelajaran
No.
Nama siswa
Selalu mengembalikan buku diperpustakaan setelah membaca
Selalu menyimpan peralatan kelas ditempatnya
(Penghapus, sapu, spidol)
Iya
Tidak
Iya
Tidak
1.





2.





3.





4.





5.








·         Penilaian Kognitif
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
3.5.3 Mengidentifikasi pola gerak dasar berdiri dengan satu kaki dalam aktivitas senam.
Tes
Penugasan
LKS ( Terlampir)

·         Penilaian Keterampilan
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
4.5.3 Berdiri dengan satu kaki dalam berbagai aktivitas.
Non tes
Proyek
Rating scale

Kriteria Penilaian bergerak
No.
Nama Siswa
Aspek penilaian
jumlah
Ketepatan Gerakan
Lama  Gerakan
Percaya Diri
1
2
3
4
1
2
3
4
1

2
3
4














































Keterangan
No
Kriteria
4
3
2
1
1.
Ketepatan Gerakan
Gerakan yang dilakukan sangat tepat dan bersemangat
Gerakan yang dilakukan tepat dan semangat
Gerakan yang dilakukan cukup tepat dan stidak begitu bersemangat
Gerakan yang dilakukan kurang tepat dan tidak bersemangat
2.
Lama  Gerakan
Dalam melakukan gerakan bergantung sesuai waktu yang diharapkan
Dalam melakukan gerakan bergantung hampir sesuai dengan waktu yang diharapkan
Dalam melakukan gerakan bergantung setengah dari waktu yang diharapkan
Dalam melakukan gerakan bergantung hanya sebentar yang dilakukan
3.
Percaya Diri
Sangat percaya diri dalam melakukan gerakan bergantung.
Percaya diri dalam melakukan gerakan bergantung.
Kurang percaya diri dalam melakukan gerkan bergantung
Tidak percaya diri dalam melakukan gerakan bergantung tetapi mau melakukannya

G.    Media/alat dan Sumber Belajar
·         Media: gambar bermain sonda, gambar siswa menyiram bunga
·         Sumber belajar: Buku pegangan siswa  kelas II








Mengetahui
Kepala Sekolah


 

NIP.
Guru Kelas



 

NIP.








Text Box: Nilai

Lembar Kerja Siswa
( Peilaku yang sesuai dengan makna sila keempat pancasila)
       A. Tuliskan contoh perilaku di sekolah sesuai dari sila ketiga Pancasila












B. Pilihlah peryataan dibawah ini yang sesuai dengan sila keempat pancasila
No
Sikap dan Perilaku di Sekolah
Ya
Tidak
1
Tidak memaksakan kehendak pada orang lain


2
Mengedepankan musyawarah untuk mufakat


3
Kasih sayang sesama teman


4
Belajar bersama teman


5
Menghormati pendapat teman









Text Box: Nilai

 



Lembar Kerja Siswa
(Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik di lingkungan sekolah)

A.    Tuliskan Langkah-langkah kegiatan yang pernah kamu lakukan disekolah

Kegiatanku :

Langkah-langkah:
1.    ............................................................................................................................................................................................................................................................

2.    ............................................................................................................................................................................................................................................................

3.    ............................................................................................................................................................................................................................................................

4.     ...........................................................................................................................................................................................................................................................

5.    ............................................................................................................................................................................................................................................................

B.     Tuliskanlah sebuah cerita tentang kegiatan berkebun yang pernah kalian lakukan!


 















Lembar Kerja Siswa
(Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik di lingkungan sekolah)

A.    Tuliskan langkah-langkah pola gerak dasar berdiri engan satu kaki dalam aktivitas senam


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar