RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MI SUNAN AMPEL
Kelas/ Semester : II/1
Tema/Topik : Aku
dan Sekolahku
Sub tema :
1. Tugas-Tugas Sekolahku
Pembelajaran ke : 3
Alokasi Waktu :
140 menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
· Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib,
dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam
mengerjakan tugas.
3.4 Mengenal
nilai tukar antar pecahan uang .
4.4
Mendemostrasikan berbagai penukaran uang
di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban.
·
Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di
lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
·
SBDP
1.1
Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam
mengolah karya seni
3.3
Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
4.12
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki,
dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
· Matematika
1.1.1 Mengikuti dan melaksanakan ajaran agama
2.1.1
Bertindak
cermat dan teliti, jujur dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.4.1
Menyebutkan berbagai nilai pecahan uang
4.4.1 Menunjukkan berbagai nilai pecahan uang
· Bahasa Indonesia
1.1.1
Menempatkan
bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah
keberagaman bahasa daerah
2.1.1
Menunjukkan kepedulian dan rasa ingin tahu tentang alam, hewan, dan tumbuhan
3.2.2
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2.2 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis
dengan lafal dan intonasi yang jelas.
· SBDP
1.1.1
Selalu
menunjukkan rasa syukur kepada allah karena keindahan alam yang telah
diciptakan.
2.1.1
Membiasakan sikap percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam
mengolah karya seni
3.3.2
Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12.1
Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo
lambat.
D.
Materi Pembelajaran
Matematika : Nilai Pecahan Uang
Bahasa Indonesia : Cerita narasi
sederhana
SBDP :Gerak tempo lambat
E.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam “Asaalamualaikum warohmatullah hiwabarokatu”
·
Guru
menyapa peserta didik dan menanyakan kabar peserta didik. “ selamat pagi
anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?”
·
Salah
satu peserta didik diminta untuk memimpin doa ” sebelum kita memulai
pelajaran pada pagi ini, ayo ketua kelas memimpin doa terlebih dahulu!”
·
Guru
melakukan apersepsi dengan cara memutarkan vidio kepada peserta didik tentang
kepala, pundak, lutut, dan kaki
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pagi hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta
didik mengamati dua gambar tentang siswa
yang sedang memegang kepala dan lutut.
·
Peserta
didik mengamati teks lagu kepala, pundak, lutut, dan kaki.
·
Peserti
didik mengamati guru yang sedang mempraktekkan lagu dan gerakan kepala
pundak, lutut, dan kaki.
·
Peserta
didik mengamati gambar jual beli di kantin sekolah
Menanya
·
Peserta
didik ditanya oleh guru mengenai isi dari gambar yang telah ditunjukkan apa
yang sedang dipegang oleh siswa dalam gambar
·
Peserta
didik ditanya oleh guru mengenai isi dari gambar yang ditunjukkan
Mencoba
·
Peserta didik memcoba menjelaskan
isi dari gambar yang ditunjukkan oleh guru
·
Peserta didik mencoba menirukun
lagu dan gerakan yang telah dicontohkan oleh guru
·
Peserta didik membaca bacaan
tugasku hari ini, kemudian mencoba menceritakan isi dari bacaan
·
Peserta didik mencoba menyebutkan
berbagai nilai pecahan uang
Menalar
·
Peserta didik menuliskan cerita
narasi sederhana berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan
hasil tulisan ceritanya tentang berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar
·
Peserta didik bernyanyi “kepala,
pundak, lutut, dan kaki” dengan
menggerakkan anggota tubuh
·
Peserta didik menunjukkan berbagai
nilai pecahan uang dengan cara melakukan dialog jual beli secara sederhana
dengan teman sebangku.
|
115 menit
|
Penutup
|
·
Peserta
didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan
pada hari itu
·
Peserta
didik mendengarkan penyampaikan guru mengenai pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya
·
Peserta
didik diberi tugas guru untuk mengerjakan soal materi yang telah diajarkan
·
Peserta
didik melakukan ice breaking sebelum mengakhiri pembelajaran.
Ice breaking
Aku teko kecil yang mungil
Ini gagangku dan ini corongku
Jika aku mendidih aku teriak...
tuing...
Angkat aku, lalu tuangkan....
·
Peserta
didik mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdallah
·
Guru
menutup pembelajaran dengan salam
|
15
Menit
|
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Ø Tabel Penilaian
No
|
Indikator
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
1.
|
1.1.1
Mengikuti
dan melaksanakan ajaran agama
|
Non tes
|
Penilaian diri
|
Check list
|
2.
|
1.1.1
Menempatkan
bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah
keberagaman bahasa daerah
|
Non tes
|
Penilaian diri
|
Check List
|
3.
|
1.1.1
Selalu
menunjukkan rasa syukur kepada allah karena keindahan alam yang telah
diciptakan.
|
Non tes
|
Observasi
|
Check List
|
4.
|
2.1.1
Bertindak
cermat dan teliti, jujur dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
|
Non tes
|
Observasi
|
Rating Scale
|
5.
|
2.1.1 Menunjukkan kepedulian dan rasa ingin tahu tentang alam,
hewan, dan tumbuhan mengerjakan tugas
|
Non tes
|
Penilaian diri
|
Check List
|
6.
|
2.1.1Membiasakan sikap percaya diri untuk berlatih
mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
|
Non tes
|
Observasi
|
Check List
|
7.
|
3.4.1
Menyebutkan berbagai nilai pecahan uang
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
8.
|
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
9.
|
3.3.2Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo
gerak.
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
10.
|
4.4.1 Menunjukkan berbagai nilai pecahan uang.
|
Non tes
|
Produk
|
Rating Scale
|
11.
|
4.2.2 Membacakan cerita
narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
|
Non tes
|
Performance
|
Rating scale
|
12.
|
4.12.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh
dengan menggunakan tempo lambat.
|
Non tes
|
Proyek
|
Rating scale
|
Ø Daftar Penilaian
Matematika
1.
Lembar penilaian mengikuti dan melaksanakan ajaran agama
Nama :
|
|||
|
Aspek
|
Nilai
|
|
.
|
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Sholat lima waktu
|
|
|
2.
|
Mengaji setiap hari
|
|
|
2.
Lembar penilaian bertindak
cermat dan teliti, jujur dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
No
|
Nama
siswa
|
Aspek Tingkah
Laku
|
|||||||||||||||||||||||
Cermat
|
Teliti
|
Jujur
|
Peduli
|
Disiplin
|
optimis
|
||||||||||||||||||||
K
|
c
|
B
|
Sb
|
k
|
c
|
b
|
sb
|
k
|
C
|
b
|
sb
|
k
|
C
|
b
|
sb
|
k
|
c
|
B
|
sb
|
k
|
C
|
b
|
sb
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
k= kurang, c=cukup, b=baik, sb= sangat baik
·
Penilaian Kognitif
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
|
3.4.1
Menyebutkan berbagai nilai pecahan uang.
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
·
Penilaian
keterampilan
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
|
4.4.1 Menunjukkan berbagai
nilai pecahan uang
|
Non tes
|
Produk
|
Rating Scale
|
Rubrik penilaian keterampilan menunjukkan nilai pecahan uang
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek penilaian
|
Jumlah
|
|||||||||||
Ketepatan
|
Intonasi
|
Kelancaran
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
No
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Ketepatan
|
Semua jawaban benar
|
Setengah jawaban benar
|
Sedikit jawaban yang benar
|
Semua jawaban tidak benar
|
2.
|
Intonasi
|
Dalam menjelaskan jawaban, siswa
sangat mampu menjelaskan dengan intonasi yang baik dan lantang
|
Dalam menjelaskan jawaban, siswa
mampu menjelaskan dengan intonasi yang baik dan lantang
|
Dalam menjelaskan jawaban, siswa
cukup mampu menjelaskan dengan intonasi yang baik dan lantang
|
Dalam menjelaskan jawaban, siswa
kurang mampu menjelaskan dengan intonasi yang baik dan lantang
|
4.
|
Kelancaran
|
siswa sangat lancar Dalam
menjelaskan jawabannya
|
Siswa lancar Dalam menjelaskan
jawabannya
|
Siswa cukup lancar Dalam menjelaskan jawabannya
|
Siswa kurang lancar Dalam
menjelaskan jawabannya
|
Bahasa Indonesia
· Penilaian
Sikap
1. Lembar penilaian menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana
belajar ditengah keberagaman bahasa daerah
Nama :
|
|||
No
|
Aspek
|
Nilai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Selalu menggunakan bahasa indonesia ketika berinteraksi dikelas
|
|
|
2.
Lembar penilaian menunjukkan
kepedulian dan rasa ingin tahu tentang alam, hewan, dan tumbuhan
Nama :
|
|||
No
|
Aspek
|
Nilai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Selalu menyirami tanaman ketika dirumah
|
|
|
2.
|
Selalu membuang sampah pada tempatnya
|
|
|
3.
|
Selalu memberi makan hewan peliharaan ketika dirumah
|
|
|
· Penilaian
Kognitif
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
3.2.2
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
·
Penilaian
Keterampilan.
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
4.2.2 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal
dan intonasi yang jelas.
|
Non tes
|
Performance
|
Rating scale
|
Kriteria membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal
dan intonasi yang jelas.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
penilaian
|
jumlah
|
|||||||||||
Volume suara
|
Intonasi
|
Kelancaran
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
No
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Volume suara
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan dengan volume yang sangat keras dan jelas.
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
|
Dalam membacakan cerita siswa
cukup mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
|
Dalam membacakan cerita siswa
kurang mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
|
2.
|
Intonasi
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan cerita dengan intonasi yang sangat baik dan sangat lantang.
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
|
Dalam membacakan cerita siswa
cukup mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
|
Dalam membacakan cerita siswa
kurang mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
|
3.
|
Kelancaran
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan dengan suara yang sangat lancar.
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan dengan suara yang lancar.
|
Dalam membacakan cerita siswa
cukup mampu membacakan dengan suara yang lancar.
|
Dalam membacakan cerita siswa
kurang mampu membacakan dengan suara lancar.
|
SBDP
· Penilaian
Sikap
1. Lembar penilaian menunjukkan rasa syukur kepada allah karena keindahan alam yang
telah diciptakan.
No.
|
Nama
siswa
|
Selalu
bersyukur kepda allah karena keindahan yang diciptakan
|
|
Iya
|
Tidak
|
||
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
2.
Membiasakan
sikap percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya
seni
No.
|
Nama
siswa
|
Selalu
percaya diri dalam mengolah karya seni
|
|
Iya
|
Tidak
|
||
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
·
Penilaian
Kognitif
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
3.3.2
Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
·
Penilaian
Keterampilan
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
4.12.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh
dengan menggunakan tempo lambat.
|
Non tes
|
Proyek
|
Rating scale
|
Kriteria Penilaian bernyanyi (kepala, pundak,lutut, dan kaki) dan
bergerak
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
penilaian
|
jumlah
|
|||||||||||||||
Volume suara
|
Intonasi
|
Kelancaran
|
Ketepatan
gerakan
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
No
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Volume suara
|
Dalam menyanyikan lagu siswa mampu
menyanyikan dengan volume yang sangat keras dan jelas.
|
Dalam menyanyikan lagu siswa mampu
menyanyikan dengan volume yang keras dan jelas.
|
Dalam menyanyikan lagu siswa cukup
mampu menyanyikan dengan volume yang keras dan jelas.
|
Dalam menyanyikan lagu siswa
kurang mampu menyanyikan dengan volume yang keras dan jelas.
|
2.
|
Intonasi
|
Dalam menyanyiakan lagu, siswa
mampu menyanyikan lagu dengan intonasi yang sangat baik dan sangat lantang.
|
Dalam menyanyiakan lagu, siswa
mampu menyanyikan lagu dengan intonasi yang baik dan lantang.
|
Dalam menyanyiakan lagu, siswa
cukup mampu menyanyikan lagu dengan intonasi yang baik dan lantang.
|
Dalam menyanyiakan lagu, siswa
kurang mampu menyanyikan lagu dengan intonasi yang baik dan lantang.
|
4.
|
Kelancaran
|
Dalam menyanyiakn lagu siswa mampu
menyanyikan dengan nyanyian yang sangat lancar.
|
Dalam menyanyiakn lagu siswa mampu
menyanyikan dengan nyanyian yang lancar.
|
Dalam menyanyiakn lagu siswa cukup
mampu menyanyikan dengan nyanyian yang lancar.
|
Dalam menyanyiakn lagu siswa
kurang mampu menyanyikan dengan lancar.
|
5.
|
Ketepatan
gerakan
|
Gerakan yang dilakukan sangat tepat dan bersemangat
|
Gerakan yang dilakukan tepat dan semangat
|
Gerakan yang dilakukan cukup tepat dan stidak begitu bersemangat
|
Gerakan yang dilakukan kurang tepat dan tidak bersemangat
|
G.
Media/alat dan Sumber Belajar
·
Media :Gambar,
lagu kepala, pundak, lutut, kaki
·
Sumber belajar : Buku paket siswa kelas 2
Mengetahui
Kepala
Sekolah
![]()
NIP.
|
Guru Kelas
![]()
NIP.
|

(Menyebutkan
berbagai nilai pecahan uang)
A.
Kerjakan Soal dibawah ini!

Uang :
Ditulis : ...............................
Nilainya : ...........................

Uang :
Ditulis :
...............................
Nilainya : ...........................

Uang :
Ditulis :
...............................
Nilainya : ...........................

Uang :
Ditulis :
...............................
Nilainya : ...........................

Lembar Kerja Siswa
( Menulis cerita jenis kegiatan dilingkungan sekitar)
![]() |
|||
![]() |
Lembar Kerja Siswa
(Mengelompokkan gerak dengan memperhatikan tempo gerak)
A.
Tuliskan pengelompokan gerak dengan
dengan memperhatikan tempo gerak!

Tidak ada komentar:
Posting Komentar