Senin, 04 Januari 2016

RPP Tematik kelas II tema 4 sub tema 1 pembelajaran 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                   : MI SUNAN AMPEL
Kelas/ Semester                     : II/1
Tema/Topik                           : Aku dan Sekolahku
Sub tema                                : 1. Tugas-Tugas Sekolahku
Pembelajaran ke                   : 4
Alokasi Waktu                       : 140 menit
A.  Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
B.B
·      PPKN
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1  Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “ Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila pancasila.
·      SBDP
1.1  Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda  kekuasaan Tuhan.
2.1   Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni .
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
·      Bahasa Indonesia
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1  Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2  Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
4.2  Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
C.      Indikator  Pencapaian Kompetensi
·  PPKN
1.1.1   Menghargai teman dilingkungan rumah dan sekolah
2.2.1 Membiasakan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan disekolah
3.1.4  Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila ketiga  Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1.4 Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
·  SBDP
1.1.1   Selalu menunjukkan rasa syukur kepada allah karena keindahan alam yang telah diciptakan.
2.1.1   Membiasakan sikap percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.3.2 Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12.2 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang sesuai dinamika gerak.

·  Bahasa Indonesia
1.1.2   Menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah keberagaman bahasa daerah
2.1.1 Menunjukkan kepedulian dan rasa ingin tahu tentang alam, hewan, dan tumbuhan
3.2.2 Menuliskan cerita  berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2.2  Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
D.      Materi Pembelajaran
PPKN                   : perilaku sesuai  makna sila ketiga pancasila
SBDP                   : tempo gerak dalam kegiatan bermain
Bahasa Indonesia: cerita narasi tentang kegiatan di lingkungan sekolah
E.       Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam “Asaalamualaikum warohmatullah hiwabarokatu”
·         Guru menyapa peserta didik dan menanyakan kabar peserta didik. “ selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?”
·         Salah satu peserta didik diminta untuk memimpin doa ” sebelum kita memulai pelajaran pada pagi ini, ayo ketua kelas memimpin doa terlebih dahulu!”
·         Guru melakukan apersepsi dengan cara memutarkan vidio kepada peserta didik tentang kepala, pundak, lutut, dan kaki
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pagi hari ini
10 menit
Inti

Mengamati
·         Peserta didik mengamati gambar burung Garuda
·         Peserta didik mengamati teks lagu Garuda Pancasila

Menanya
·         Peserta didik ditanya oleh guru yang telah ditunjukkan
·         Peserta didik ditanya oleh guru mengenai sikap yang sesuai dengan nilai pancasila

Mencoba
·         Peserta didik memcoba menjawab gambar yang telah ditunjukkan oleh guru
·         Peserta didik mencoba menyanyikan lagu Garuda Pancasila bersama-sama  dengan guru
·         Peserta didik membaca teks bacaan menjaga nama baik kelas, kemudian mencoba menyebutkan kegiatan yang ada dalam bacaan
·         Peserta didik mencoba melakukan permainan bermain lampu lalu lintas disertai gerakan. Dengan tata cara gerakan (Terlampir)
·         Peserta didik mencoba mengelompokkan berbagai tempo gerak dalam gerakan bermain yang telah dilakukan

Menalar
·         Peserta didik menjelaskan mengenai sikap yang sesuai dengan nilai ketiga pancasila dalam kehidupan sehari-hari
·         Peserta didik menuliskan cerita  tentang berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.

Mengomunikasikan
·         Peserta didik memperesentasikan hasil cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas di depan kelas

115 menit
Penutup
·         Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan pada hari itu
·         Peserta didik mendengarkan penyampaikan guru mengenai pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
·         Peserta didik diberi tugas guru untuk mengerjakan soal materi yang telah diajarkan
·         Peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdallah
·         Guru menutup pembelajaran dengan salam
15    Menit

F.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Ø  Tabel Penilaian
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
1.1.2   Menghargai teman dilingkungan rumah dan sekolah
Non tes
Penilaian teman sejawat
Check List
2.
1.1.3   Selalu menunjukkan rasa syukur kepada allah karena keindahan alam yang telah diciptakan.
Non tes
Observasi
Check List
3.
1.1.1  Menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah keberagaman bahasa daerah
Non tes
Penilaian diri
Check List
4.
2.2.1Membiasakan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan disekolah
Non tes
Observasi
Rating Scale
5.
2.1.2   Membiasakan sikap percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
Non tes
Observasi
Chek List
6.
2.1.1 Menunjukkan kepedulian dan rasa ingin tahu tentang alam, hewan, dan tumbuhan
Non tes
Penilaian diri
Check List
7.
3.1.4  Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila ketiga  Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
Tes
Penugasan
LKS ( Terlampir)
8.
3.3.2 Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
Tes
Penugasan
LKS ( Terlampir)
9.
3.2.2 Menuliskan cerita  berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar
Tes
Penugasan
Lembar Kerja Siswa (LKS)
10.
4.1.4 Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
Non tes
Produk
Chek list
11.
4.12.2 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang sesuai dinamika gerak.
Non tes
Proyek
Rating scale
12.
4.2.2  Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Non tes
Performance
Rating scale

Ø  Daftar Nilai
PPKN
·         Penilaian Sikap
1.      Lembar pengamatan penilaian menghargai teman dilingkungan rumah dan sekolah
No.
Nama siswa
Dapat menghargai perbedaan antar teman di lingkungan rumah
Dapat menghargai perbedaan antar teman di sekolah
Iya
Tidak
Iya
Tidak
1.       





2.       





3.       





4.       





5.       







2.      Lembar pengamatan penilaian membiasakan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan disekolah
No.
Nama Siswa
Aspek penilaian
jumlah
Menaati peraturan sekolah
Mentaati tata tertib sekolah
1
2
3
4
1
2
3
4













































                        Kriteria Penilaian
No.
Kriteria
4
3
2
1
1.
Menaati peraturan sekolah
Siswa mampu menaati peraturan dengan sangat baik
Siswa mampu menaati peraturan dengan baik
Siswa cukup mampu menaati peraturan dengan baik
Siswa kurang mampu menaati peraturan dengan baik
2.
Mentaati tata tertib sekolah
Siswa mampu berperilaku sangat tertip saat belajar disekolah 
Siswa mampu berperilaku tertip saat belajar disekolah
Siswa kurang mampu berperilaku tertip saat belajar disekolah
Siswa kurang mampu berperilaku tertip saat belajar disekolah

·         Penilaian Kognitif
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian

3.1.1 Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila ketiga  Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Tes
Penugasan
LKS ( Terlampir)

·         Penilaian Keterampilan
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian

4.1.4 Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila

Non tes
Produk
Chek list

SBDP
·         Penilaian Sikap
1.      Lembar penilaian menunjukkan rasa syukur kepada allah karena keindahan alam yang telah diciptakan
No.
Nama siswa
Selalu bersyukur kepda allah karena keindahan yang diciptakan
Iya
Tidak
1.



2.



3.



4.



5.




2.      Lembar penilaian membiasakan sikap percaya diri dalam mengolah karya seni
No.
Nama siswa
Selalu percaya diri dalam mengolah karya seni
Iya
Tidak
1.



2.



3.



4.



5.




·         Penilaian Kognitif
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
3.3.2 Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
Tes
Penugasan
LKS ( Terlampir)

·         Penilaian Ketrampilan (dengan melakukan permainan)
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
4.12.2 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo sedang sesuai dinamika gerak.
Non tes
Proyek
Rating scale







Bahasa Indonesia
·         Penilaian Sikap
1.      Lembar penilaian menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah keberagaman bahasa daerah.
Nama :
No
Aspek
Nilai
Ya
Tidak
1.
Selalu menggunakan bahasa indonesia ketika berinteraksi dikelas



2. Lembar penilaian peduli dan mempunyai rasa ingin tahu tentang alam, hewan, dan tumbuhan
Nama :
No
Aspek
Nilai
Ya
Tidak
1.
Selalu menyirami tanaman ketika dirumah


2.
Selalu membuang sampah pada tempatnya


3.
Selalu memberi makan hewan peliharaan ketika dirumah



·         Penilaian Kognitif
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
3.2.2 Menuliskan cerita  berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
Tes
Penugasan
LKS ( Terlampir)

·         Penilaian Keterampilan
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
4.2.2  Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
Non tes
Performance
Rating scale

Kriteria membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
No.
Nama Siswa
Aspek penilaian
jumlah
Volume suara
Intonasi
Kelancaran
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4














































Keterangan :
No
Kriteria
4
3
2
1
1.
Volume suara
Dalam membacakan cerita siswa mampu membacakan dengan volume yang sangat keras dan jelas.
Dalam membacakan cerita siswa mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
Dalam membacakan cerita siswa cukup mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
Dalam membacakan cerita siswa kurang mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
2.
Intonasi
Dalam membacakan cerita siswa mampu membacakan cerita dengan intonasi yang sangat baik dan sangat lantang.
Dalam membacakan cerita siswa mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
Dalam membacakan cerita siswa cukup mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
Dalam membacakan cerita siswa kurang mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
3.
Kelancaran
Dalam membacakan cerita siswa mampu membacakan dengan suara yang sangat lancar.
Dalam membacakan cerita siswa mampu membacakan dengan suara yang lancar.
Dalam membacakan cerita siswa cukup mampu membacakan dengan suara yang lancar.
Dalam membacakan cerita siswa kurang mampu membacakan dengan suara lancar.


G.      Media/alat dan Sumber Belajar
·      Media : Gambar Garuda, Teks lagu Garuda, Gambar Warna (merah, kuning dan hijau)
·      Suber Belajar : Buku pegangan siswa kelas II



Mengetahui
Kepala Sekolah


 

NIP.
Guru Kelas



 

NIP.



















  
LAMPIRAN TATA CARA PERMAINAN

1.    Gurumu akan menyiapkan tiga kertas berwarna yaitu merah, kuning, dan hijau sebagai penanda lampu lalu lintas.
2.    Berperanlah seolah-olah mengendarai mobil!
3.    Ketika gurumu memegang kertas hijau, berjalanlah mengitari kelas dengan tempo sedang!
4.    Ketika gurumu memegang kertas kuning, berjalanlah di tempat!
5.    Ketika gurumu memegang kertas merah, maka kamu diwajibkan berhenti!
6.    Lakukan secara berulang!
























Text Box: Nilai





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar