RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MI SUNAN AMPEL
Kelas/ Semester : II/1
Tema/Topik : Aku
dan Sekolahku
Sub tema :
1. Tugas-Tugas Sekolahku
Pembelajaran ke : 4
Alokasi Waktu :
140 menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
B.B
· PPKN
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugrah Tuhan
Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “ Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap beberapa simbol sila pancasila.
·
SBDP
1.1
Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya
diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni .
3.3 Memahami
gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak
4.12
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki,
dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
·
Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar,
hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa
daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di
lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan
bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
· PPKN
1.1.1
Menghargai
teman dilingkungan rumah dan sekolah
2.2.1
Membiasakan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan disekolah
3.1.4 Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang
sesuai dengan makna simbol dari sila ketiga
Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
4.1.4
Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila ketiga Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila
· SBDP
1.1.1
Selalu
menunjukkan rasa syukur kepada allah karena keindahan alam yang telah
diciptakan.
2.1.1
Membiasakan
sikap percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya
seni
3.3.2
Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
4.12.2
Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo
sedang sesuai dinamika gerak.
· Bahasa Indonesia
1.1.2
Menempatkan
bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah
keberagaman bahasa daerah
2.1.1
Menunjukkan kepedulian dan rasa ingin tahu tentang alam, hewan, dan tumbuhan
3.2.2 Menuliskan cerita
berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2.2 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis
dengan lafal dan intonasi yang jelas.
D.
Materi Pembelajaran
PPKN :
perilaku sesuai makna sila ketiga
pancasila
SBDP :
tempo gerak dalam kegiatan bermain
Bahasa Indonesia: cerita narasi tentang
kegiatan di lingkungan sekolah
E.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam “Asaalamualaikum warohmatullah hiwabarokatu”
·
Guru
menyapa peserta didik dan menanyakan kabar peserta didik. “ selamat pagi
anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?”
·
Salah
satu peserta didik diminta untuk memimpin doa ” sebelum kita memulai
pelajaran pada pagi ini, ayo ketua kelas memimpin doa terlebih dahulu!”
·
Guru
melakukan apersepsi dengan cara memutarkan vidio kepada peserta didik tentang
kepala, pundak, lutut, dan kaki
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pagi hari ini
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta
didik mengamati gambar burung Garuda
·
Peserta
didik mengamati teks lagu Garuda Pancasila
Menanya
·
Peserta
didik ditanya oleh guru yang telah ditunjukkan
·
Peserta
didik ditanya oleh guru mengenai sikap yang sesuai dengan nilai pancasila
Mencoba
·
Peserta didik memcoba menjawab
gambar yang telah ditunjukkan oleh guru
·
Peserta didik mencoba menyanyikan
lagu Garuda Pancasila bersama-sama
dengan guru
·
Peserta didik membaca teks bacaan
menjaga nama baik kelas, kemudian mencoba menyebutkan kegiatan yang ada dalam
bacaan
·
Peserta didik mencoba melakukan
permainan bermain lampu lalu lintas disertai gerakan. Dengan tata cara
gerakan (Terlampir)
·
Peserta didik mencoba
mengelompokkan berbagai tempo gerak dalam gerakan bermain yang telah
dilakukan
Menalar
·
Peserta didik menjelaskan mengenai
sikap yang sesuai dengan nilai ketiga pancasila dalam kehidupan sehari-hari
·
Peserta didik menuliskan
cerita tentang berbagai jenis kegiatan
di lingkungan sekitar.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik memperesentasikan
hasil cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas
di depan kelas
|
115 menit
|
Penutup
|
·
Peserta
didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan
pada hari itu
·
Peserta
didik mendengarkan penyampaikan guru mengenai pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya
·
Peserta
didik diberi tugas guru untuk mengerjakan soal materi yang telah diajarkan
·
Peserta
didik mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdallah
·
Guru
menutup pembelajaran dengan salam
|
15
Menit
|
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Ø Tabel Penilaian
No
|
Indikator
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
1.
|
1.1.2
Menghargai
teman dilingkungan rumah dan sekolah
|
Non tes
|
Penilaian teman sejawat
|
Check List
|
2.
|
1.1.3
Selalu
menunjukkan rasa syukur kepada allah karena keindahan alam yang telah
diciptakan.
|
Non tes
|
Observasi
|
Check List
|
3.
|
1.1.1
Menempatkan
bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar ditengah
keberagaman bahasa daerah
|
Non tes
|
Penilaian diri
|
Check List
|
4.
|
2.2.1Membiasakan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan
disekolah
|
Non tes
|
Observasi
|
Rating Scale
|
5.
|
2.1.2
Membiasakan
sikap percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya
seni
|
Non tes
|
Observasi
|
Chek List
|
6.
|
2.1.1
Menunjukkan kepedulian dan rasa ingin tahu tentang alam, hewan, dan tumbuhan
|
Non tes
|
Penilaian diri
|
Check List
|
7.
|
3.1.4 Menunjukkan contoh
perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda
Pancasila
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
8.
|
3.3.2
Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
9.
|
3.2.2 Menuliskan cerita
berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar
|
Tes
|
Penugasan
|
Lembar Kerja Siswa (LKS)
|
10.
|
4.1.4 Berperilaku di sekolah
sesuai makna simbol dari sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda
Pancasila
|
Non tes
|
Produk
|
Chek list
|
11.
|
4.12.2
Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan
tempo sedang sesuai dinamika gerak.
|
Non tes
|
Proyek
|
Rating scale
|
12.
|
4.2.2 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis
dengan lafal dan intonasi yang jelas.
|
Non tes
|
Performance
|
Rating scale
|
Ø Daftar Nilai
PPKN
·
Penilaian Sikap
1.
Lembar
pengamatan penilaian menghargai teman dilingkungan rumah dan sekolah
No.
|
Nama
siswa
|
Dapat
menghargai perbedaan antar teman di lingkungan rumah
|
Dapat
menghargai perbedaan antar teman di sekolah
|
||
Iya
|
Tidak
|
Iya
|
Tidak
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
2.
Lembar
pengamatan penilaian membiasakan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan
disekolah
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek penilaian
|
jumlah
|
|||||||
Menaati peraturan sekolah
|
Mentaati tata tertib sekolah
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian
No.
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Menaati peraturan sekolah
|
Siswa mampu menaati peraturan
dengan sangat baik
|
Siswa mampu menaati peraturan
dengan baik
|
Siswa cukup mampu menaati
peraturan dengan baik
|
Siswa kurang mampu menaati
peraturan dengan baik
|
2.
|
Mentaati tata tertib sekolah
|
Siswa mampu berperilaku sangat
tertip saat belajar disekolah
|
Siswa mampu berperilaku tertip
saat belajar disekolah
|
Siswa kurang mampu berperilaku
tertip saat belajar disekolah
|
Siswa kurang mampu berperilaku
tertip saat belajar disekolah
|
·
Penilaian Kognitif
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
|
3.1.1
Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari
sila ketiga Pancasila dalam lambang
negara Garuda Pancasila.
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
·
Penilaian Keterampilan
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
|
4.1.4
Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila ketiga Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila
|
Non tes
|
Produk
|
Chek list
|
SBDP
·
Penilaian Sikap
1.
Lembar
penilaian menunjukkan rasa syukur kepada allah karena keindahan alam yang telah
diciptakan
No.
|
Nama
siswa
|
Selalu
bersyukur kepda allah karena keindahan yang diciptakan
|
|
Iya
|
Tidak
|
||
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
2.
Lembar
penilaian membiasakan sikap percaya diri dalam mengolah karya seni
No.
|
Nama
siswa
|
Selalu
percaya diri dalam mengolah karya seni
|
|
Iya
|
Tidak
|
||
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
·
Penilaian Kognitif
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
3.3.2
Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
·
Penilaian Ketrampilan (dengan melakukan permainan)
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
4.12.2
Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan
tempo sedang sesuai dinamika gerak.
|
Non tes
|
Proyek
|
Rating scale
|
Bahasa Indonesia
·
Penilaian Sikap
1.
Lembar
penilaian menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan sarana
belajar ditengah keberagaman bahasa daerah.
Nama :
|
|||
No
|
Aspek
|
Nilai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Selalu menggunakan bahasa indonesia ketika berinteraksi dikelas
|
|
|
2. Lembar penilaian peduli dan mempunyai rasa ingin tahu tentang
alam, hewan, dan tumbuhan
Nama :
|
|||
No
|
Aspek
|
Nilai
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Selalu menyirami tanaman ketika dirumah
|
|
|
2.
|
Selalu membuang sampah pada tempatnya
|
|
|
3.
|
Selalu memberi makan hewan peliharaan ketika dirumah
|
|
|
·
Penilaian Kognitif
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
3.2.2
Menuliskan cerita berbagai jenis
kegiatan di lingkungan sekitar.
|
Tes
|
Penugasan
|
LKS ( Terlampir)
|
·
Penilaian Keterampilan
No
|
Indikator Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
1.
|
4.2.2 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis
dengan lafal dan intonasi yang jelas.
|
Non tes
|
Performance
|
Rating scale
|
Kriteria membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal
dan intonasi yang jelas.
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
penilaian
|
jumlah
|
|||||||||||
Volume suara
|
Intonasi
|
Kelancaran
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
No
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Volume suara
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan dengan volume yang sangat keras dan jelas.
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
|
Dalam membacakan cerita siswa
cukup mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
|
Dalam membacakan cerita siswa
kurang mampu membacakan dengan volume yang keras dan jelas.
|
2.
|
Intonasi
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan cerita dengan intonasi yang sangat baik dan sangat lantang.
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
|
Dalam membacakan cerita siswa
cukup mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
|
Dalam membacakan cerita siswa
kurang mampu membacakan cerita dengan intonasi yang baik dan lantang.
|
3.
|
Kelancaran
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan dengan suara yang sangat lancar.
|
Dalam membacakan cerita siswa
mampu membacakan dengan suara yang lancar.
|
Dalam membacakan cerita siswa
cukup mampu membacakan dengan suara yang lancar.
|
Dalam membacakan cerita siswa
kurang mampu membacakan dengan suara lancar.
|
G.
Media/alat dan Sumber Belajar
· Media : Gambar Garuda, Teks lagu Garuda, Gambar Warna
(merah, kuning dan hijau)
· Suber Belajar : Buku pegangan siswa kelas II
Mengetahui
Kepala
Sekolah
![]()
NIP.
|
Guru Kelas
![]()
NIP.
|
LAMPIRAN TATA CARA PERMAINAN
1.
Gurumu akan menyiapkan tiga kertas berwarna yaitu merah, kuning,
dan hijau sebagai penanda lampu lalu lintas.
2.
Berperanlah seolah-olah mengendarai mobil!
3.
Ketika gurumu memegang kertas hijau, berjalanlah mengitari kelas
dengan tempo sedang!
4.
Ketika gurumu memegang kertas kuning, berjalanlah di tempat!
5.
Ketika gurumu memegang kertas merah, maka kamu diwajibkan
berhenti!
6.
Lakukan secara berulang!

Tidak ada komentar:
Posting Komentar