Selasa, 13 Oktober 2015

RPP Pembelajaran Tematik



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : MI Al-Ikhlas
Kelas/ Semester      : V/ 1
Tema                       : 1. Benda-benda di Lingkungan sekitar
Subtema                  : 1. Wujud benda dan cirinya
Pembelajaran         : 1
Alokasi Waktu        :  3 x 35 menit

A.  Kompetensi Inti:
KI-1  :    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3 :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4 :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar                        
3.2  Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkalian dan pembagian
4.1  Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator:
3.2.1 Menyebutkan contoh bentuk pecahan biasa, campuran, desimal dan persen
3.2.2 Menentukan bilangan desimal dari bilangan pecahan biasa dan campuran
4.1.1 Menghitung pecahan biasa, campuran, desimal dan persen dengan melibatkan operasi hitung  penjumlahan,pengurangan,perkalian, dan pembagian

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1  Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1  Mengamati, mengalah dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan ratai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator:
3.1.1 Menjelaskan isi informasi dari gambar  tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
4.1.1 Menuliskan informasi yang terdapat dalam bacaan
IPA
Kompetensi Dasar
3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
4.7 menyajikan hasil laporan tentang permasalahan akibat terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia, serta memprediksi apa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut tidak diatasi

Indikator:
3.1.1 Menyebutkan contoh perubahan alam yang terjadi di daerah sekitar tempat
          tinggal
4.1.1 Menyusun hasil pengamatan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam yang
         diakibatkan oleh manusia

C.  Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti
2.      Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang berdampak pada manusia dengan cermat
3.      Dengan teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh– contoh perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti
4.      Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
5.      Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri 
D.  Materi Pembelajaran
-          Pecahan biasa, campuran, desimal dan persen
-          Menulis Kreatif
-          Perubahan alam dan lingkungan sekitar

E.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                        : Saintific (menanya, mengamati, menalar, mencoba, dan mengasosiasi, mengkomunikasikan)
Metode                               : Pengamatan, Diskusi, Penugasan
Strategi                               : cooperatif  learning

F.   Langkah-Langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·   Guru menyapa peserta didik dan menanyakan kabar peserta didik
·   Salah satu peserta didik diminta untuk memimpin doa bersama
·   Guru mengkondisikan peserta didik untuk belajar dan memotivasi peserta didik terkait materi yang akan dipelajari
·   Guru melakukan apersepsi
·   Guru melakukan review materi sebelumnya kepada para peserta didik
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu mempelajari penaksiran bilangan
15 menit
Inti
Menanya
·   Guru memberi umpan kepada peserta didik dengan memberi beberapa pertanyaan terkait materi yang diajarkan
Mengamati
·   Peserta didik mengamati peristiwa yang teradi pada gambar
Menalar
·   Masing-masing peserta didik menuliskan hasil pengamatan dari gambar tersebut
·   Peserta didik secara berpasangan berdiskusi tentang perubahan alam dan lingkungan serta mengisi tabel perubahan alam dan lingkungan
·   Peserta didik menjawab soal-soal pecahan untuk menguatkan pemahaman tentang materi tersebut
Mengkomunikasikan
·   Peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya dan memberikan pendapat dari hasil kelompok lainnya tentang perubahan alam dan lingkungan serta wujud benda
Mencoba
·    Peserta didik membuat gambar perubahan alam dan lingkungan secara sederhana
Mengasosiasi/mengolah informasi
·   Siswa mengerjakan soal-soal latihan dari beberapa mata pelajaran yang telah dipelajari
·   Guru memberi pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan
70 menit
Penutup
·  Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu.
·  Guru memberikan penguatan materi tentang materi yang telah dijarkan
·  Guru memberi kesempatan kepada beberapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang manfaat penaksiran bilangan dan hal-hal apa yang perlu disyukuri dari kegiatan belajar minggu ini
·  Peserta didik bercerita kepada orang tua tentang pengalamannya hari ini, serta mendiskusikan apa saja yang perlu ia tingkatkan dan apa yang perlu ia pertahankan.siswa juga dapat menuliskan cerita tersebut dan meminta orang tuanya memberi komentar.
·  Salam dan doa penutup.
20    menit

G. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
1.      Media               : gambar tentang perilaku yang tdak selaras dengan lingkunan
2.      Sumber Belajar:  Buku Siswa

H.  Penilaian
1.       Matematika
a.       Penilaian Afektif
Rubrik menyelesikan soal latihan pecahan
Aspek
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Melakukan seluruh prosedur
Seluruh langkah pengerjaan dilakukan
Sebagian besar langkah pengerjaan dilakukan
Sebagian kecil langkah pengerjaan dilakukan
Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan
Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan
Seluruh butir pertanyaan diisi
Sebagian besar pertanyaan diisi
Sebagian kecil pertanyaan diisi
Sama sekali tidak diisi
Isi jawaban sesuai pertanyaan
Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan
Sebagian besar jawaban benar sesuai pertanyaan
Sebagian kecil jawaban benar sesuai pertanyaan
Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan
Sikap
Percaya diri, mandiri, rasa ingin tahu
Percaya diri, sesekali meminta bantuan guru, rasa ingin tahu
Tidak percaya diri, mengandalkan bimbingan guru
Menyontek
Catatan : Centang  (Ö) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian :   total nilai  x 100=
                               16

b.      Penilaian kognitif
Rubrik penilaian soal tes tulis
·         Kisi-kisi Penilaian
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
3.2.2 Menentukan bilangan desimal dari bilangan pecahan biasa dan campuran

Tes
Tes Tulis
Butir Soal
·         Kisi-kisi Butir Soal
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Indikator butir soal
Nomor butir soal
  1.  
Siswa mampu Menentukan bilangan desimal dari bilangan pecahan biasa, persen  dan campuran
Tes
  1. Menghitung bilangan desinmal
  2. Menghitung pecahan biasa
  3. Menghitung bilangan campuran
  4. Menghitung bialangan persen
1.
2.
3.
4.
.


·         Butir-butir Soal
1)      Ubalah menjadi bentuk pecahan campuran
a.       17/5
b.      19/6
2)      Ubahlah menjadi bentuk pecahan desimal
a.       3/5
b.      ¼
3)      Ubahlah menjadi bentuk pecahan biasa
a.       2 3/5
b.      5 1/3
4)      Ubahlah menjadi bentuk persen
a.3/5
b. 24/40
·         Teknik penskoran
No
Bentuk soal
Nomor Butir Soal
Bobot Skor
1.
Tes tuils
1
25
2
25
3
25
4
25
 NB: Rumus penilaiannya langsung ditambahkan


2.      Bahasa Indonesia
Rubrik menulis berdasarkan pengamatan gambar
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan pengetahuan :
Hasil yang ditulis sesuai dengan kejadian atau peristiwa yang tampak pada gambar yang diamati
Keseluruhan jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan benar mengelompokkan jawaban
Keseluruhan jawaban yan ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban 
Sebagian besar jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diaati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban
Hanya sebagian kecil jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban
Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar:
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan ringkasan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisiensi dan menarik dalam keseluruhan penulisan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan
Sikap :
Tulisan hasil pengamatan dibuat dengan cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi yang ditugaskan
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan disertai juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sanat baik dan terpuji
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemulihan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang sangat baik
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih terus ditingkatkan
Kecermatan, ketelitian bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki
Keterampilan penulisan:
Tulisan hasil pengamatan dibuat dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan penulisan yang baik
Keseluruhan hasil penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, diatas rata-rata kelas
Keseluruhan hasil penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik
Sebagian hasil penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang
Hanya sebagian kecil hasil penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu ditingkatkan


Catatan : Centang  (Ö) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian :   total nilai  x 100
                               16
Contoh  :  4+2+3+3 x 100 = 12 x 100= 75
                      16                     16

3.      IPA
Rubrik penilaian menyajikan laporan tertulis dalam bentuk tabel hasil indentifikasi perubahan alam
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan

4
3
2
1
Isi dan pengetahuan:
Isi tabel lengkap, menunjukkan pengetahuan penulis yang baik atas materi yang disajikan
Tabel yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi. Beberapa gambar dan keterangan lain yang diberikan memberikan tambahan informasi berguna bagi pembaca
Tabel yang lengkap dan infomatifdan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi
Tabel yang lengkap dan infomatif dan memudahkan pembaca memahami sebagian besar materi
Tabel yang lengkap dan infomatif  dan memudahkan pembaca memahami beberapa bagian dari materi
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar:
Bahasa indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan tabel
Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam tabel
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam tabel
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam tabel
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakandalam penulisan beberapa bagian dari tabel
Sikap :
Tabel dibuat dengan mandiri, cermat dan teliti, sesuai dengan tanggal waktu dari batasan materi yang ditugaskan
Tabel dibuat dengan lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu, dengan beberapa penambahan kreatifitas untuk menjelaskan materi
Keseluruhan tabel dibuat dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Sebagian besar tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat, dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Hanya beberapa bagian tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan
Keterampilan Penulisan:
Tabel dibuat dengan benar, sistematis, dan menarik menunjukkan keterampilan pembuatan tabel yang baik
Keseluruhan tabel yang sangat menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat tabel yan tingi dari pembuatnya
Keseluruhan tabel yang menarik, jelas dan benar menunjukkan keterampilan membuat tabel yang baik dari pembuatnya
Sebagian besar tabel yang di buat dengan menarik, jelas dan benar menunjukkan keterampilan membuat tabel yang terus berkembang dari pembuatnya
Bagian-bagian tabel yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar, menunjukkan keterampilan membuat tabel yang dapat terus ditingkatkan

Catatan : Centang  (Ö) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian :   total nilai  x 100
                               16


                                                                                                Sidoarjo, 06 Oktober 2015
                Mengetahui                                                                                   
              Kepala Sekolah                                                                   Guru Kelas





     (                                                   )                           (                                                            )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar