Minggu, 18 Oktober 2015

RPP fiqh Kelas III Materi Tayamum



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : MI Sunan Ampel
Kelas / Semester           : III / I
Mata Pelajaran             : Fiqh
Alokasi Waktu             : 2 x 35 menit

A.      Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung  jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya. Dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar
1.3 Meyakini akan kemudahan syari’at Islam dalam bersuci (Tayamum)
2.3 Membiasakan perilaku sabar dalam ibadah sebagai implementasi dari pemahaman terhadap tata cara tayamum
3.3 Memahami tata cara tayamum
4.3 Mempraktikkan tayamum bagi orang sakit

C.      Indikator
3.3.1 Menjelaskan pengertian tayamum
3.3.2 Menjelaskan  tata cara tayamum
3.3.3Menyebutkan tata cara tayamum
4.3.1  Mendemostrasikan tayamum bagi orang sakit

D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan kegiatan mengamati gambar  siswa mampu menjelaskan pengertian tayamum
2.      Dengan kegiatan melihat vidio siswa mampu menjelaskan tata cara tayamum
3.      Dengan kegiatan melihat vidio siswa mampu menyebutkan tata cara tayamum
4.      Dengan kegiatan melihat vidio siswa mampu mendemostrasikan tayamum bagi orang sakit
E.       Materi Pembelajaran
·         Tayamum
Tayamum ialah mengusap muka dan dua tangan sampai siku menggunakan debu atau tanah yang suci dengan beberapa persyaratan sebagai pengganti wudhu.
Tata cara tayamum yaitu:
1.      Niat
2.      Meletakkan dua belah tapak tangan diatas debu atau pada dinding rumah yang ada debunya untuk diusapkan ke muka.
3.      Debu yang diusapkan ada ditangan ditiup dahulu kemudian mengusap muka dengan debu, dua kali usapan.
4.      Meletakkan kembali kedua tapak tangan diatas debu untuk diusapkan keduaa belah tangan hingga siku, dua kali usapan.
5.      Tertip (berturut-turut)

F.       Pendekatan dan Metode pembelajaran
·         Pendekatan          : Saintific ( mengamati, menanya , menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan)
·         Metode     : Ceramah, Pengamatan, Tanya Jawab, Penugasan

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Awal
·         Guru mengucapkan salam “Asaalamualaikum warohmatullah hiwabarokatu”
·         Guru menyapa peserta didik dan menanyakan kabar peserta didik. “ selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?”
·         Salah satu peserta didik diminta untuk memimpin doa ” sebelum kita memulai pelajaran pada pagi ini, ayo ketua kelas memimpin doa terlebih dahulu!”
·         Guru melakukan apersepsi
“ guru menunjukkan gambar orang sakit kepada siswa, kemudian bertanya kepada mereka gambar apa yang dibawa oleh ibu guru?”
“orang sakit biasanya sholat atau tidak? Sebelum sholat apa yang harus kita lakukan? Kalau wudhu kan memakai air, kira-kira kalau tidak wudhu memakai air kita masih bisa sholat tidak?”
“yah anak-anak pada pagi hari ini kita akan belajar mengenai tayamum”
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pagi hari ini yaitu mengenai Tayamum  yang bertujuan agar siswa bisa sholat meskipun dalam keadaan sakit ataupun ketika tidak ada air.

5 menit
Inti
·         Mengamati
1.      Peserta didik mengamati gambar yang telah diberikan oleh guru.
“anak-anak ibu mempunyai gambar, kira-kira ini gambar apa anak-anak? ( gambar mengusap muka, mengusap tangan, dan gambar debu yang ada ditembok)”
2.      Peserta didik ditanya guru mengenai pengertian tayamum.
“anak-anak dari beberapa gambar yang ibu tunjukkan tadi kira- kira ada yang tahu tidak pengertian tayamum itu apa? ”
3.      Peserta didik menjawab pertanyaan ibu guru dengan menggabungkan beberapa gambar tersebut untuk dirangkai menjadi sebuah kalimat.
4.      Peserta didik mengamati vidio mengenai tata cara tayamum
·         Menanya
5.      Peserta didik diberikan guru umpan balik mengenai vidio yang sudah ditayangkan
“yah anak-anak apa isi dari vidio yang sudah kita lihat tadi?”
·         Menalar
6.      Peserta didik menyebutkan isi dari vidio yang sudah dilihatnya.
“ isinya tentang tata cara tayamum bu”
7.      Peserta didik ditanya oleh guru mengenai tata cara tayamum.
“tata caranya tadi apa saja anak-anak, ayo sebutkan!”
8.      Peserta didik menyebutkan tata cara tayamum
“Tata cara tayamum yaitu:
Ø  Niat
Ø  Meletakkan dua belah tapak tangan diatas debu atau pada dinding rumah yang ada debunya untuk diusapkan ke muka.
Ø  Debu yang diusapkan ada ditangan ditiup dahulu kemudian mengusap muka dengan debu, dua kali usapan.
Ø  Meletakkan kembali kedua tapak tangan diatas debu untuk diusapkan keduaa belah tangan hingga siku, dua kali usapan.
Ø  Tertip (berturut-turut)”
·         Mencoba
9.      Peserta didik beserta guru mempraktekkan tata cara tayamum secara bersama-sama, disertai    penguatan oleh guru 
“yah anak-anak jadi tata cara tayamum seperti pada vidio yang sudah kita lihat tadi yaitu  yang pertama, apa mbak dini?”( ketika mempraktekkan setiap tahap guru menunjuk satu siswa dan kemudian dipraktekkan secara bersama-sama).
·           Mengkomunikasikan
10.  Peserta didik mempraktekkan tata cara tayamum didepan kelas.
“ yah anak-anak ibuk punya permainan, disini ibuk membawa segumpal kertas nanti kita menyanyi bersama-sama tentang rukun islam, nanti ditengah-tengah permainan kalau ibu bilang stop maka kalian berhenti bermain dan siapa yang terakhir membawa kertas ini akan  maju ke depan untuk mempraktekkan ”
·           Guru memberi pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan

60 menit
Penutup
11.  Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan pada hari itu
12.  Peserta didik mendengarkan penyampaikan guru mengenai pembelajaran pada pertemuan selanjutnya yaitu sholat bagi orang sakit
13.  Peserta didik diberi tugas guru untuk mengerjakan tugas pada buku paket
14.  Peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdallah
15.  Guru menutup pembelajaran dengan salam
5 menit

H.           Media, Alat dan Sumber Belajar
1.        Media                          : Vidio tata cara tayamum, gambar tentang tayamum
2.        Sumber belajar : Buku siswa

I.              Penilaian
a.    Kisi-kisi Penilaian kognitif
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
3.3.1 Siswa mampu  menjelaskan pengertian tayamum

Tes
Tes lisan
Pelafalan guru
2.
3.3.2 Siswa mampu  menjelaskan  tata cara tayamum

Tes
Tes lisan
Pelafalan guru
3.
3.3.3 Siswa mampu  menyebutkan  tata cara tayamum

Tes
Tes lisan
Pelafalan guru



·      Kisi-kisi butir soal
No
Indikator Pencapaian kompetensi
Teknik Bentuk penilaian
Indikator Butir Soal
Instrument Penilaian
1.
3.3.1 Siswa mampu  menjelaskan pengertian tayamum

Tes lisan
1

2.
3.3.2 Siswa mampu  menjelaskan  tata cara tayamum

Tes lisan
2

3.
3.3.3 Siswa mampu  menyebutkan  tata cara tayamum

Tes lisan
3


·      Pesekoran
Bentuk Soal
Nomor Butir Soal
Bobot Butir Soal
Pelafalan guru
1-3
10

Nilai :
 
 
Jawaban Benar X  100 =
Jumlah Skor

b.   Kisi-kisi Penilaian Psikomotor (Praktek tata cara tayamum)
No
Indikator Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
4.
4.3.1 Siswa dapat mendemostrasikan tayamum bagi orang sakit

Non tes
Nontes  Unjuk kerja 
Rubik unjuk Kerja




·      Rubrik Penilaian unjuk kerja
 Individu
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Skor Akhir
Ketepatan Gerakan
Ketepatan Urutan
1.       




2.       




3.       




4.       




5.       





Skor yang diperoleh  =

 

 
skor maksimal                                           

·      Kriteria Penilaian
No.
Aspek yang dinilai
Skor
Jumlah
1
2
3
4

1.       
Ketepatan Gerakan





2.       
Ketepatan urutan






Keterangan :
            Skor :   1 = Kurang tepat
                        2 =  Cukup tepat
                        3 = Tepat
                        4 = Sangat tepat
                                                                                                Sidoarjo, 18 Oktober 2015
               Mengetahui                                                                                   
              Kepala Sekolah                                                                   Guru Fiqh



       (........................................)                                               (...............................................)

2 komentar:

  1. Teh, rpp yg untuk shalat bagi orang sakit blm ada ya teh.. Hehhe

    BalasHapus
  2. Motivasi mempelajari tayamum nya apa ya teh

    BalasHapus